Software Video Stabilizer. Perlukah ???

Monday 19 October 2015

tiba-tiba terlintas aja, pingin nulis tentang Video Stabilizer, kalo ditahan lama-lama takut ide serta semangat nulisnya malah ilang. sebenernya nga' tiba-tiba juga sih (lho... gimana tadi bilang tiba-tiba, sekarang bilang nga' tiba-tiba). gini-gini, mau nulisnya yang tiba-tiba, tapi ide nulisnya yang nga tiba-tiba, clear ya.... ( haha ). tulisan ini dipicu oleh obrolan tadi siang sama temen saya sesama videographer, masing-masing saling membanggakan software editing video yang dipergunakan, dan mengelu-elukan beberapa plugin yang bener-bener ngebantu mereka dalam mencapai hasil video yang ciamik... dari situ berlanjut ke obrolan tentang video stabilizer.

Ada yang berpendapat "Ah... buat apa pake tripod, flycam dan sebagainya kalo ada software video stabilizer yang bisa mengatasi masalah goyang-goyang" lain orang lain pula pendapatnya, ada juga yang berpendapat "Video udah harus bagus dulu... dari pengambilannya, si software cuma mengkoreksi sedikit-sedikit kesalahan pengambilan gambar". dan... kedua pendapat ini sudah mewakili obrolan kami tadi, jadi terpisah nih, ada kubu yang mengatakan "pake aja software.... masalah beres" dan diseberangnya kubu yang berpendapat "software hanya untuk mengkoreksi". Bagaimana dengan anda??? mari diskusi di kolom komentar!

nga ada kata sepakat dari obrolan siang tadi, masing-masing tetep kekeh mempertahankan pendapatnya, sah aja sih... point pentingnya kan kenyamanan, kalo nyaman memperbaiki seluruh footage video dengan software, berarti masalah kelar. begitu pun sebaliknya, kalo nyaman dengan mengambil gambar yang baik dan stabil di TKP, dan mengkoreksi sedikit2 dengan bantuan software, berarti maslah juga kelar. nah... berhubung GV Note tempat saya curhat, jadi bebas aja saya kemukan pendapat pribadi saya disini ( xixixi )

Pendapat Pribadi

Pendapat Pribadi tentang pengunaan Software Video Stabilizer

Saya tergolong orang yang maunya cepet saat masuk diproses post pro ( proses editing video ), mungkin sebagian pembaca bertanya "koq cepet... nga bisa bagus dong videonya kalo diedit cepet-cepet" nah... menurut saya bagus atau nga nya hasil akhir dari sebuah video masih bisa dikatakan relatif sih, sama kayak kita ngelihat cewek cantik, lain orang lain pendapatnya, ada yang mengatakan Raisa itu cantik, tapi ada juga yang berpendapat "Ah... cantikan istri saya", artinya disini bagi doi... Raisa yang putih mulus, dan imut itu, nga cantik. ya... kan.

untuk memenuhi keinginan saya yang cantik dan mulus, eh... salah. yang kudu cepet di post produksi, menurut saya footage video yang saya ambil sebisa mungkin bagus dulu, biar nga susah-susah lagi di stabilkan pake software/plugin di editing. coba bayangin deh... ngebenerin semua footage video yang goyang-goyang, widiw... alamat bisa banyak ngabisin waktu, karna hampir semua software/plugin video stabilizer, butuh waktu yang relatif lama untuk mengeksekusi file video.

misalkan plugin nya NewBlueFX Stabilizer doi, butuh waktu yang lebih lama untuk menganalisa video terlebih dahulu, sebelum mendapatkan setting terbaik untuk men-stabilkan, pengalaman make' plugin ini, kerasa bener beratnya di hardware yang specknya nga begitu gede. yang rada entengan dan rada cepetan ada sih, salah satunya ProDAD Mercalli

tapi... menurut saya tetep aja, kita harus nambahin waktu buat ngedit video. nah... gimana pendapat temen-temen semua, seberapa butuh sih kita dengan software/plugin buat menstabilkan video, jawabannya saya serahin ke temen-temen semua, atau kalo mau berpendapat, silahkan di kolom komentar. bye... saya tinggal ngedit video dulu ya... xixixi

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. GV Note. Powered by Blogger.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper
Creative Commons License